10 Ide Dekorasi Pernikahan Sederhana di Rumah untuk Suasana yang Spesial

Saat ini, banyak pasangan yang memilih untuk mengadakan pernikahan sederhana di rumah sebagai alternatif dari pernikahan yang besar dan mewah. Selain lebih intim, pernikahan di

Indri Aryani

Saat ini, banyak pasangan yang memilih untuk mengadakan pernikahan sederhana di rumah sebagai alternatif dari pernikahan yang besar dan mewah. Selain lebih intim, pernikahan di rumah juga dapat menghemat biaya dan memberikan kesempatan untuk menampilkan kreativitas dalam dekorasi. Jika Anda sedang merencanakan pernikahan sederhana di rumah, artikel ini akan memberikan ide-ide dekorasi yang sederhana namun tetap membuat suasana spesial.

Sebelum memulai dekorasi, pastikan Anda memahami tema dan gaya pernikahan yang Anda inginkan. Apakah Anda menginginkan pernikahan dengan nuansa vintage, minimalis, atau mungkin klasik? Setelah itu, sesuaikan dekorasi dengan ruangan yang ada di rumah Anda. Jika ruangan terbatas, Anda dapat memanfaatkan area teras atau halaman belakang sebagai tempat pernikahan. Berikut adalah ide dekorasi pernikahan sederhana di rumah yang dapat Anda coba:

Gubuk Bunga

Tambahkan sentuhan romantis dengan membuat gubuk bunga di halaman belakang rumah Anda. Gunakan rangka bambu atau kayu sebagai dasar gubuk dan hias dengan bunga-bunga segar. Gubuk bunga ini tidak hanya akan menjadi latar belakang yang indah untuk upacara pernikahan, tetapi juga dapat menjadi tempat yang sempurna untuk mengabadikan momen spesial Anda.

Anda dapat menciptakan gubuk bunga dengan memasang beberapa tiang bambu atau kayu di halaman belakang rumah. Pastikan tiang-tiang tersebut kokoh dan stabil. Kemudian, hubungkan tiang-tiang tersebut dengan tali rafia atau tali tambang yang kuat untuk membentuk atap gubuk. Setelah itu, hiaslah gubuk bunga dengan bunga-bunga segar yang Anda sukai. Pilihlah bunga yang memiliki warna dan aroma yang indah untuk menciptakan suasana yang romantis.

Hiasan Tambahan

Untuk menambahkan kesan yang lebih menarik, Anda juga dapat menambahkan hiasan tambahan pada gubuk bunga. Misalnya, Anda dapat menggantungkan lentera-lentera kecil di atap gubuk untuk memberikan cahaya lembut saat malam hari. Anda juga dapat menambahkan tirai tipis atau kain-kain transparan yang bergerak di angin untuk menciptakan suasana yang lebih romantis.

Pita dan Kertas Tisu

Jika Anda menginginkan dekorasi yang lebih sederhana, Anda dapat menggunakan pita dan kertas tisu untuk menciptakan suasana yang ceria. Buatlah rangkaian pita yang menggantung di langit-langit ruangan atau di halaman belakang. Tambahkan juga hiasan dari kertas tisu yang tergantung di dinding atau pohon-pohon di sekitar rumah. Dekorasi ini akan memberikan sentuhan warna yang segar dan riang pada pernikahan Anda.

READ :  Denah Rumah 3 Kamar Ukuran 7x9: Solusi Terbaik untuk Hunian Nyaman

Untuk membuat rangkaian pita yang menggantung, Anda dapat menggunakan pita kain dengan warna-warna yang cerah. Potong pita-pita tersebut dengan panjang yang berbeda-beda, kemudian ikatkan ujung-ujungnya pada tali rafia atau tali tambang yang kuat. Gantungkan rangkaian pita tersebut di langit-langit ruangan atau di halaman belakang dengan cara yang rapi dan teratur.

Hiasan Tambahan

Anda juga dapat menambahkan hiasan tambahan dari kertas tisu untuk menciptakan suasana yang lebih ceria. Anda dapat membuat hiasan bunga dari kertas tisu dengan berbagai macam warna. Gunting kertas tisu menjadi bentuk bunga, kemudian rangkai dan ikatkan pada dinding atau pohon-pohon di sekitar rumah. Hiasan ini akan memberikan sentuhan warna yang segar dan riang pada pernikahan Anda.

Lampu Gantung

Jadikan pernikahan Anda tampak lebih romantis dengan menggunakan lampu gantung. Pilih lampu gantung dengan desain yang elegan dan pasang di atas meja makan atau area resepsi. Cahaya lembut dari lampu gantung akan menciptakan suasana yang hangat dan intim bagi Anda dan tamu undangan.

Anda dapat memilih lampu gantung yang memiliki desain klasik atau vintage untuk menciptakan suasana yang romantis. Pasanglah lampu gantung di atas meja makan atau di area resepsi untuk memberikan pencahayaan yang indah. Anda juga dapat menyesuaikan intensitas cahaya lampu gantung sesuai dengan suasana yang Anda inginkan.

Hiasan Tambahan

Untuk memberikan sentuhan tambahan pada lampu gantung, Anda dapat menambahkan hiasan-hiasan kecil seperti kristal atau manik-manik di sekitar lampu. Hiasan-hiasan ini akan memantulkan cahaya lampu gantung dan menciptakan efek yang indah. Jangan lupa untuk memilih hiasan-hiasan yang sesuai dengan tema pernikahan Anda.

Karpet Bunga

Tambahkan sentuhan mewah dengan menggunakan karpet bunga di area pernikahan Anda. Karpet bunga ini dapat diletakkan di lorong menuju altar atau di area resepsi. Pilihlah warna bunga yang sesuai dengan tema pernikahan Anda untuk menciptakan kesan yang harmonis dan indah.

Anda dapat menggunakan karpet khusus yang dirancang untuk pernikahan, atau Anda juga dapat menggunakan karpet biasa yang telah diberi hiasan bunga-bunga segar. Pastikan karpet bunga tersebut telah dipasang dengan rapi dan aman agar tamu undangan dapat berjalan dengan nyaman di atasnya.

READ :  Motif Tali Air Dinding Rumah: Mempercantik dan Menambah Kesan Segar dalam Ruangan Anda

Hiasan Tambahan

Untuk memberikan sentuhan tambahan pada karpet bunga, Anda dapat menambahkan hiasan-hiasan kecil seperti daun-daun hijau atau bunga-bunga yang diletakkan di sekitar karpet. Hiasan-hiasan ini akan memberikan kesan yang lebih hidup dan indah pada karpet bunga Anda.

Meja Dekorasi

Buatlah meja dekorasi yang cantik sebagai pusat perhatian di ruangan. Gunakan meja dengan desain yang unik dan hias dengan bunga-bunga segar atau tanaman hijau. Meja dekorasi ini dapat dijadikan tempat untuk meletakkan buku tamu, kartu ucapan, atau makanan ringan untuk tamu undangan.

Pilihlah meja yang memiliki desain yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Pastikan meja tersebut memiliki ukuran yang cukup besar untuk menampung semua hiasan dan perlengkapan yang Anda perlukan. Hiasi meja dengan bunga-bunga segar atau tanaman hijau untuk memberikan kesan yang segar dan alami.

Hiasan Tambahan

Anda juga dapat menambahkan hiasan tambahan seperti lilin-lilin kecil atau hiasan-hiasan kecil lainnya di sekitar meja dekorasi. Hiasan-hiasan ini akan memberikan sentuhan yang lebih menarik dan indah pada meja dekorasi Anda.

Hiasan Dinding

Tambahkan hiasan dinding yang menarik untuk menciptakan suasana yang lebih hidup. Anda dapat menggunakan hiasan dinding berupa foto-foto kenangan, bingkai foto, atau hiasan dinding bergambar. Hiasan dinding ini akan memberikan sentuhan pribadi pada pernikahan Anda.

Pilihlah hiasan dinding yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Anda dapat menggunakan foto-foto kenangan Anda bersama pasangan atau foto-foto yang memiliki makna khusus bagi Anda. Pasanglah hiasan dinding tersebut di tempat yang mudah terlihat oleh tamu undangan untuk menambah suasana yang hangat dan personal.

Hiasan Tambahan

Anda juga dapat menambahkan hiasan tambahan seperti bunga kertas atau hiasan-hiasan kecil lainnya di sekitar hiasan dinding. Misalnya, Anda dapat menggantungkan bunga-bunga kertas di sekitar foto-foto atau menambahkan hiasan-hiasan kecil yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Hiasan-hiasan tambahan ini akan memberikan sentuhan yang lebih kreatif dan menarik pada hiasan dinding Anda.

Bunga Meja

Jadikan meja makan Anda lebih cantik dengan menambahkan bunga segar sebagai hiasan meja. Pilihlah vas atau wadah bunga yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Bunga segar ini akan memberikan kesan elegan dan menyegarkan bagi tamu undangan Anda.

READ :  Ukuran Kolom Rumah 2 Lantai: Panduan Lengkap dan Praktis

Pilihlah bunga-bunga segar yang memiliki warna dan aroma yang indah. Anda dapat menggunakan bunga-bunga dengan satu jenis atau mencampur beberapa jenis bunga yang berbeda. Susunlah bunga-bunga tersebut di dalam vas atau wadah dengan cara yang indah dan menarik. Pastikan meja makan Anda terlihat cantik dan menawan dengan hiasan bunga ini.

Hiasan Tambahan

Anda juga dapat menambahkan hiasan tambahan seperti daun hijau atau ranting-ranting kecil sebagai pelengkap hiasan bunga meja. Hiasan-hiasan tambahan ini akan memberikan sentuhan alami dan segar pada meja makan Anda.

Lentera

Tambahkan sentuhan magis dengan menggunakan lentera sebagai dekorasi pernikahan Anda. Pilih lentera dengan desain yang unik dan letakkan di sekitar area pernikahan. Lentera ini akan memberikan cahaya lembut dan suasana yang romantis.

Pilihlah lentera dengan desain yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Anda dapat menggunakan lentera berbentuk bulat, kotak, atau bahkan lentera kertas yang dapat diterbangkan. Letakkan lentera-lentera tersebut di sekitar area pernikahan, seperti di atas meja makan, di atas meja hadapan, atau di lorong tempat tamu undangan masuk. Cahaya lembut dari lentera ini akan menciptakan suasana yang hangat dan romantis.

Hiasan Tambahan

Anda dapat menambahkan hiasan tambahan seperti bunga-bunga kecil atau daun hijau di dalam lentera. Hiasan-hiasan ini akan memberikan sentuhan yang lebih menarik dan indah pada lentera Anda.

Pita dan Bunga di Kursi

Hiaslah kursi tamu undangan dengan pita dan bunga segar. Ikutkan pita di sandaran kursi dan tambahkan bunga segar sebagai hiasan. Dekorasi sederhana ini akan memberikan kesan istimewa bagi tamu undangan Anda.

Pilihlah pita dengan warna yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Ikutkan pita tersebut di sandaran kursi dengan cara yang rapi dan teratur. Kemudian, tambahkan bunga segar di bagian atas pita untuk memberikan sentuhan yang lebih indah dan elegan. Pastikan bunga-bunga tersebut segar dan terlihat menarik agar tamu undangan Anda merasa dihargai dan istimewa.

Hiasan Tambahan

Anda juga dapat menambahkan hiasan tambahan seperti daun hijau atau hiasan-hiasan kecil lainnya di sekitar pita dan bunga di kursi. Hiasan-hiasan ini akan memberikan sentuhan yang lebih kreatif dan menarik pada dekorasi kursi tamu undangan Anda.

Dengan ide-ide dekorasi sederhana di atas, Anda dapat menciptakan pernikahan yang spesial dan indah di rumah Anda sendiri. Ingatlah untuk selalu menyesuaikan dekorasi dengan tema dan gaya pernikahan yang Anda inginkan. Selamat merencanakan pernikahan sederhana yang tak terlupakan!

Related Post

Leave a Comment