Dekorasi Rumah Tipe 36 Subsidi: Ide Kreatif untuk Hunian Terjangkau

Saat ini, banyak masyarakat yang mencari hunian dengan harga terjangkau, salah satunya adalah rumah tipe 36 subsidi. Rumah tipe 36 subsidi menjadi pilihan yang populer

Indri Aryani

Saat ini, banyak masyarakat yang mencari hunian dengan harga terjangkau, salah satunya adalah rumah tipe 36 subsidi. Rumah tipe 36 subsidi menjadi pilihan yang populer karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan tipe rumah lainnya. Namun, seringkali pemilik rumah tipe 36 subsidi menghadapi tantangan dalam mendekorasi rumah mereka. Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan ide-ide kreatif untuk dekorasi rumah tipe 36 subsidi agar hunian Anda tetap nyaman dan menarik.

Sebelum kita mulai, penting untuk memahami bahwa dekorasi rumah tipe 36 subsidi harus mengutamakan efisiensi ruang. Karena ukuran rumah yang terbatas, penting untuk memilih furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan. Selain itu, pilihlah warna-warna cerah untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Dengan pemilihan furnitur dan warna yang tepat, Anda dapat menciptakan dekorasi yang menarik dan nyaman untuk rumah tipe 36 subsidi Anda.

Ruang Tamu yang Nyaman dan Minimalis

Ruang tamu merupakan area yang pertama kali dilihat oleh tamu Anda. Buatlah ruang tamu yang nyaman dan minimalis dengan memilih furnitur yang fungsional dan tidak memakan banyak ruang. Pilihkan sofa dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan dan tambahkan beberapa hiasan dinding yang menarik untuk memberikan sentuhan personal pada ruang tamu Anda.

Pilih Furnitur yang Fungsional dan Sesuai dengan Ukuran Ruangan

Saat memilih furnitur untuk ruang tamu tipe 36 subsidi, pastikan Anda memilih yang fungsional dan sesuai dengan ukuran ruangan. Pilih sofa dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar tidak memakan banyak ruang. Anda juga dapat memilih sofa dengan penyimpanan di dalamnya, sehingga dapat memaksimalkan penggunaan ruang. Selain itu, pilihlah meja kopi yang tidak terlalu besar agar tidak membuat ruangan terlihat sempit.

Tambahkan Hiasan Dinding yang Menarik

Untuk memberikan sentuhan personal pada ruang tamu Anda, tambahkan beberapa hiasan dinding yang menarik. Anda dapat menggunakan lukisan, foto keluarga, atau cermin dengan desain unik. Pastikan hiasan dinding tidak terlalu besar agar tidak membuat ruangan terlihat penuh. Pilih hiasan dinding yang sesuai dengan tema atau gaya dekorasi yang Anda inginkan.

READ :  Warna Cat Rumah Minimalis 2021 Bagian Luar: Ide Brilian untuk Tampilan yang Segar

Dapur Fungsional dengan Konsep Terbuka

Dapur adalah salah satu ruangan yang sering kali menjadi perhatian dalam dekorasi rumah. Untuk rumah tipe 36 subsidi, pilihlah konsep dapur terbuka yang dapat membuat ruangan terlihat lebih luas. Gunakan rak gantung atau rak dinding untuk menyimpan peralatan dapur agar tidak memakan banyak ruang. Selain itu, pilihlah warna-warna cerah untuk memberikan kesan bersih dan segar pada dapur Anda.

Pilih Peralatan Dapur yang Multifungsi

Agar dapur Anda tetap fungsional dan tidak memakan banyak ruang, pilihlah peralatan dapur yang multifungsi. Misalnya, Anda dapat memilih kompor dengan oven built-in atau microwave dengan fungsi grill. Selain itu, gunakan peralatan dapur yang dapat digantung, seperti spatula atau sendok, untuk menghemat ruang di laci atau rak dapur Anda.

Gunakan Rak Gantung atau Rak Dinding

Untuk menyimpan peralatan dapur, gunakan rak gantung atau rak dinding. Dengan menggunakan rak ini, Anda dapat menghemat ruang di meja dapur atau laci. Anda dapat menyusun peralatan dapur secara rapi pada rak gantung atau rak dinding ini. Pastikan untuk memilih rak dengan desain yang sesuai dengan tema dekorasi dapur Anda.

Kamar Tidur yang Nyaman dan Rapi

Kamar tidur merupakan tempat untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian. Buatlah kamar tidur yang nyaman dan rapi dengan memilih tempat tidur yang sesuai dengan ukuran ruangan. Gunakan lemari dengan desain minimalis untuk menyimpan pakaian dan barang-barang pribadi Anda. Pilihlah warna-warna netral untuk menciptakan suasana yang tenang dan nyaman di dalam kamar tidur Anda.

Pilih Tempat Tidur yang Sesuai dengan Ukuran Ruangan

Ukuran tempat tidur sangat penting dalam dekorasi kamar tidur tipe 36 subsidi. Pilihlah tempat tidur yang sesuai dengan ukuran ruangan agar tidak memakan banyak ruang. Jika ruangan terbatas, Anda dapat memilih tempat tidur dengan penyimpanan di bawahnya, sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk menyimpan barang-barang pribadi.

Gunakan Lemari dengan Desain Minimalis

Untuk menyimpan pakaian dan barang-barang pribadi Anda, gunakan lemari dengan desain minimalis. Pilihlah lemari dengan pintu geser atau pintu lipat agar tidak memakan banyak ruang di kamar tidur Anda. Pastikan lemari memiliki banyak ruang penyimpanan agar Anda dapat menyimpan pakaian dan barang-barang pribadi dengan rapi.

Ruang Kerja atau Studi yang Fungsional

Jika Anda membutuhkan ruang kerja atau studi di rumah, pilihlah furnitur yang fungsional dan tidak memakan banyak ruang. Gunakan meja yang minimalis dengan rak penyimpanan di bawahnya untuk menyimpan buku dan peralatan kerja Anda. Pilihlah kursi yang ergonomis agar Anda dapat bekerja dengan nyaman dan produktif di rumah.

Pilih Meja dengan Rak Penyimpanan di Bawahnya

Agar ruang kerja atau studi Anda tetap rapi, pilihlah meja dengan rak penyimpanan di bawahnya. Rak penyimpanan ini dapat digunakan untuk menyimpan buku, dokumen, atau peralatan kerja lainnya. Pastikan meja memiliki ukuran yang sesuai dengan ruangan agar tidak memakan banyak ruang. Pilihlah meja dengan desain minimalis agar tetap terlihat ringan dan tidak memenuhi ruangan.

READ :  Jual Barang Bekas Rumah Tangga: Cara Cerdas Mendapatkan Uang dari Barang Tidak Terpakai

Pilih Kursi yang Ergonomis

Sebagai tempat duduk saat bekerja atau belajar, pilihlah kursi yang ergonomis agar Anda dapat bekerja dengan nyaman dan produktif. Kursi yang ergonomis akan membantu menjaga postur tubuh Anda dan mengurangi risiko cedera otot. Pastikan kursi memiliki penyangga punggung yang baik dan dapat disesuaikan dengan tinggi meja Anda.

Ruang Makan yang Simpel dan Stylish

Ruang makan adalah tempat untuk berkumpul dan menikmati hidangan bersama keluarga. Pilihlah meja makan yang sesuai dengan ukuran ruangan dan tambahkan kursi yang nyaman. Gunakan hiasan dinding atau cermin untuk memberikan sentuhan dekoratif pada ruang makan Anda. Pastikan ruang makan tetap terlihat simpel namun stylish.

Pilih Meja Makan dengan Ukuran yang Sesuai

Pilihlah meja makan yang sesuai dengan ukuran ruangan agar tidak memakan banyak ruang. Meja makan dengan desain minimalis atau lipat dapat menjadi pilihan yang tepat untuk ruang makan tipe 36 subsidi. Anda juga dapat memilih meja makan yang dapat diperpanjang jika membutuhkan ruang lebih untuk tamu atau acara spesial.

Tambahkan Hiasan Dinding atau Cermin

Untuk memberikan sentuhan dekoratif pada ruang makan Anda, tambahkan hiasan dinding atau cermin. Anda dapat menggunakan lukisan, poster, atau hiasan dinding lainnya yang sesuai dengan tema atau gaya dekorasi ruang makan Anda. Jika ruangan terbatas, pilihlah hiasan dinding atau cermin dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar tidak membuat ruangan terlihat sempit.

Ruang Keluarga yang Hangat dan Cozy

Ruang keluarga adalah tempat untuk berkumpul bersama keluarga dan melepas lelah. Buatlah ruang keluarga yang hangat dan cozy dengan memilih sofa yang nyaman dan tambahkan beberapa bantal hias untuk memberikan sentuhan dekoratif. Gunakan karpet untuk menciptakan suasana yang lebih hangat dan tambahkan lampu yang cukup untuk menerangi ruangan.

Pilih Sofa yang Nyaman

Sofa merupakan elemen penting dalam ruang keluarga. Pilihlah sofa yang nyaman untuk duduk dan bersantai. Pilihlah ukuran sofa yang sesuai dengan ukuran ruangan agar tidak membuat ruang keluarga terlihat penuh. Anda juga dapat memilih sofa dengan bantalan yang empuk agar lebih nyaman. Pilihlah warna dan pola yang sesuai dengan tema atau gaya dekorasi ruangan Anda.

Tambahkan Bantal Hias

Untuk memberikan sentuhan dekoratif dan kenyamanan ekstra, tambahkan beberapa bantal hias pada sofa. Pilihlah bantal dengan beragam warna dan motif untuk menciptakan tampilan yang menarik. Anda juga dapat memilih bantal dengan tekstur yang berbeda untuk menambahkan dimensi visual. Letakkan bantal-bantal ini secara strategis agar ruang keluarga terlihat lebih hangat dan mengundang.

Gunakan Karpet untuk Menciptakan Kesempatan yang Lebih Hangat

Karpet dapat menjadi elemen penting dalam menciptakan suasana hangat dan cozy di ruang keluarga. Pilihlah karpet dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan Anda. Anda dapat memilih karpet dengan warna dan pola yang sesuai dengan tema dekorasi ruangan. Letakkan karpet di tengah ruang keluarga dan pastikan semua kaki meja, sofa, dan kursi menempel di atas karpet. Hal ini akan memberikan kesan yang lebih teratur dan menyatukan ruangan.

READ :  Rumah Jadul di Desa: Keindahan yang Membawa Kenangan

Tambahkan Lampu yang Cukup

Pencahayaan yang cukup sangat penting dalam menciptakan suasana yang hangat dan nyaman di ruang keluarga. Gunakan lampu yang cukup terang agar semua sudut ruangan tercakup. Anda juga dapat menambahkan lampu meja atau lampu lantai sebagai pencahayaan tambahan. Pilihlah lampu dengan desain yang sesuai dengan tema atau gaya dekorasi ruangan Anda.

Kamar Mandi yang Bersih dan Rapi

Kamar mandi adalah salah satu area yang perlu diperhatikan dalam dekorasi rumah. Pilihlah warna-warna cerah untuk menciptakan kesan bersih dan rapi dalam kamar mandi Anda. Gunakan rak atau lemari kecil untuk menyimpan perlengkapan mandi agar tidak memakan banyak ruang. Pastikan kamar mandi tetap terlihat rapi dan terorganisir.

Pilih Warna Cerah untuk Kesan Bersih dan Rapi

Pilihlah warna-warna cerah, seperti putih atau krem, untuk menciptakan kesan bersih dan rapi dalam kamar mandi. Warna-warna cerah akan membuat kamar mandi terlihat lebih terang dan luas. Anda juga dapat menambahkan aksen warna dengan menggunakan handuk atau perlengkapan mandi dalam warna yang lebih cerah atau berbeda.

Gunakan Rak atau Lemari Kecil untuk Menyimpan Perlengkapan Mandi

Agar kamar mandi tetap rapi dan terorganisir, gunakan rak atau lemari kecil untuk menyimpan perlengkapan mandi. Anda dapat menggunakan rak gantung di dinding atau rak dinding untuk menyimpan sikat gigi, pasta gigi, sabun, dan perlengkapan mandi lainnya. Pastikan rak atau lemari memiliki banyak ruang penyimpanan agar kamar mandi tetap terlihat rapi dan teratur.

Taman Mini di Lahan Terbatas

Jika Anda memiliki lahan terbatas di rumah tipe 36 subsidi, Anda masih bisa memiliki taman mini. Pilihlah tanaman yang cocok untuk ditanam di pot atau vertikal garden. Letakkan pot-pot tanaman di teras atau balkon agar tetap terlihat hijau dan menyegarkan. Taman mini dapat memberikan kesan alami dan menyenangkan dalam dekorasi rumah Anda.

Pilih Tanaman yang Cocok untuk Ditanam di Pot atau Vertikal Garden

Agar dapat memiliki taman mini di lahan terbatas, pilihlah tanaman yang cocok untuk ditanam di pot atau vertikal garden. Tanaman hias seperti palem mini, sukulen, atau tanaman gantung seperti krisan dapat menjadi pilihan yang baik. Pastikan tanaman yang dipilih tahan terhadap kondisi lingkungan di teras atau balkon Anda, seperti sinar matahari yang terbatas atau angin yang kencang.

Letakkan Pot-pot Tanaman di Teras atau Balkon

Letakkan pot-pot tanaman di teras atau balkon agar tetap terlihat hijau dan menyegarkan. Pilihlah pot dengan desain yang sesuai dengan gaya dekorasi rumah Anda. Anda dapat menggantung pot-pot tanaman di pagar teras atau balkon, atau meletakkannya di lantai teras atau balkon. Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup dan perhatikan kebutuhan air tanaman secara teratur.

Pencahayaan yang Menyegarkan

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan pencahayaan yang menyegarkan dalam dekorasi rumah tipe 36 subsidi Anda. Gunakan lampu yang cukup untuk menerangi setiap ruangan. Anda juga dapat menambahkan lampu hias atau lampu tidur untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dan menenangkan di dalam rumah Anda.

Gunakan Lampu yang Cukup untuk Setiap Ruangan

Pastikan setiap ruangan di rumah Anda memiliki pencahayaan yang cukup. Gunakan lampu yang terang dan diletakkan strategis agar seluruh ruangan tercakup. Anda juga dapat menggunakan lampu dinding atau lampu langit-langit untuk menambahkan pencahayaan tambahan pada area tertentu. Pilihlah lampu dengan kehangatan cahaya yang sesuai dengan suasana yang ingin Anda ciptakan di setiap ruangan.

Tambahkan Lampu Hias atau Lampu Tidur

Untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dan menenangkan di rumah, tambahkan lampu hias atau lampu tidur. Lampu hias dapat digunakan sebagai aksen dekoratif dan menciptakan suasana yang hangat. Lampu tidur dapat digunakan di kamar tidur untuk memberikan pencahayaan lembut saat Anda bersiap tidur. Pilihlah lampu dengan desain yang sesuai dengan gaya dekorasi rumah Anda.

Dengan mengaplikasikan ide-ide kreatif ini, Anda dapat menciptakan dekorasi rumah tipe 36 subsidi yang menarik, nyaman, dan fungsional. Ingatlah untuk tetap memperhatikan efisiensi ruang dan memilih furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan. Selamat mencoba dan nikmati hunian Anda dengan dekorasi yang istimewa!

Related Post

Leave a Comment