Desain Denah Rumah 7×9 dengan 2 Kamar yang Praktis dan Nyaman

Apakah Anda sedang mencari inspirasi untuk mendesain rumah dengan luas yang terbatas? Denah rumah 7×9 dengan 2 kamar adalah pilihan yang sempurna untuk Anda yang

Indri Aryani

Apakah Anda sedang mencari inspirasi untuk mendesain rumah dengan luas yang terbatas? Denah rumah 7×9 dengan 2 kamar adalah pilihan yang sempurna untuk Anda yang menginginkan ruang yang praktis namun tetap nyaman untuk ditinggali. Dalam artikel ini, kami akan memberikan ide-ide desain yang dapat membantu Anda menciptakan rumah impian Anda.

Rumah dengan ukuran 7×9 meter memang tergolong kecil, namun dengan desain yang tepat, Anda masih bisa membuatnya terlihat luas dan fungsional. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah dengan luas terbatas adalah pengaturan ruang yang efisien. Anda perlu memikirkan dengan seksama penggunaan setiap sudut ruangan agar tidak terbuang percuma.

Ruang Keluarga dan Ruang Makan yang Terbuka

Salah satu cara untuk menciptakan ruang yang terlihat lebih luas adalah dengan menggabungkan ruang keluarga dan ruang makan dalam satu area yang terbuka. Anda dapat menggunakan perabotan yang minimalis dan multifungsi agar ruang terlihat lebih lega. Pilihlah sofa dengan desain yang ramping dan meja makan yang dapat dilipat jika diperlukan.

Pilihan Furniture Minimalis dan Multifungsi

Untuk menciptakan ruang keluarga dan ruang makan yang terlihat lebih luas, pilihlah furniture dengan desain yang minimalis dan ramping. Sofa dengan tampilan yang sederhana dan tidak terlalu besar akan membuat ruang terlihat lebih lega. Anda juga bisa memilih meja makan yang dapat dilipat jika diperlukan, sehingga dapat menghemat ruang ketika tidak digunakan.

Penggunaan Warna Cerah dan Pencahayaan yang Baik

Penggunaan warna cerah pada dinding dan perabotan juga dapat membantu menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Pilihlah warna-warna seperti putih, krem, atau pastel yang dapat memberikan kesan luas pada ruangan. Selain itu, pastikan pencahayaan dalam ruangan cukup baik. Gunakan lampu yang terang dan tambahkan jendela besar untuk memberikan sinar alami yang masuk ke dalam ruangan.

READ :  Cat Rumah Minimalis Tampak Depan Warna Cerah 2022: Tren Terkini untuk Tampilan yang Segar

Dapur dengan Penyimpanan yang Efisien

Dapur adalah salah satu area yang perlu diperhatikan dalam desain rumah 7×9. Pilihlah desain dapur yang sederhana namun tetap fungsional. Gunakan rak penyimpanan yang tertutup untuk menyimpan peralatan dapur agar terlihat rapi. Anda juga bisa memilih kitchen island yang dapat digunakan sebagai tempat makan ringan atau area persiapan makanan.

Pemilihan Rak Penyimpanan yang Tertutup

Untuk menciptakan dapur yang terorganisir dan rapi, pilihlah rak penyimpanan yang tertutup. Rak-rak ini dapat digunakan untuk menyimpan peralatan dapur seperti piring, gelas, dan alat masak lainnya. Dengan menyimpannya di dalam rak tertutup, dapur Anda akan terlihat lebih rapi dan terhindar dari debu atau kotoran.

Pemanfaatan Kitchen Island sebagai Tempat Makan Ringan

Untuk mengoptimalkan penggunaan ruang, Anda bisa memilih kitchen island yang dapat digunakan sebagai tempat makan ringan. Kitchen island ini juga dapat berfungsi sebagai area persiapan makanan atau tempat penyimpanan tambahan. Pilihlah kitchen island dengan desain yang minimalis agar tidak memakan banyak ruang.

Kamar Tidur Utama yang Nyaman

Kamar tidur utama adalah tempat untuk istirahat dan relaksasi, oleh karena itu, penting untuk menciptakan suasana yang nyaman. Pilihlah furniture yang tidak terlalu besar dan pilihlah warna yang menenangkan untuk dinding dan furnitur kamar tidur. Gunakan lemari yang memiliki banyak ruang penyimpanan agar barang-barang dapat tersimpan dengan rapi.

Pemilihan Furniture yang Proporsional

Pilihlah furniture yang proporsional dengan ukuran kamar tidur utama Anda. Jangan memilih furniture yang terlalu besar sehingga akan membuat kamar terasa sesak. Pilihlah tempat tidur dengan ukuran yang pas dan lemari yang tidak terlalu besar namun tetap dapat menampung semua barang-barang Anda. Pilihlah juga warna yang menenangkan seperti biru atau hijau untuk menciptakan suasana yang nyaman.

Penggunaan Lemari dengan Banyak Ruang Penyimpanan

Salah satu masalah utama dalam kamar tidur yang kecil adalah kurangnya ruang penyimpanan. Oleh karena itu, pilihlah lemari dengan banyak ruang penyimpanan. Anda bisa memilih lemari dengan rak gantung, laci, atau rak di dalamnya. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan semua pakaian dan barang-barang Anda dengan rapi dan terorganisir.

Kamar Tidur Anak yang Kreatif

Jika Anda memiliki anak, buatlah kamar tidur mereka menjadi tempat yang kreatif dan menyenangkan. Gunakan warna-warna cerah dan tambahkan elemen dekoratif seperti lukisan atau stiker dinding yang menggambarkan dunia anak-anak. Pilihlah tempat tidur dengan laci penyimpanan di bawahnya agar dapat mengoptimalkan ruang.

Pemilihan Warna Cerah dan Dekorasi yang Menggambarkan Dunia Anak-anak

Untuk menciptakan kamar tidur anak yang kreatif, pilihlah warna-warna cerah yang dapat menggambarkan dunia anak-anak. Anda bisa menggunakan warna-warna seperti kuning, merah, atau biru. Selain itu, tambahkan elemen dekoratif seperti lukisan, stiker dinding, atau mainan yang dapat memperkaya suasana kamar tidur anak. Pilihlah juga tempat tidur dengan laci penyimpanan di bawahnya agar dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan.

READ :  Ukuran Tangga Rumah Tinggi 4 Meter: Solusi Maksimalkan Ruang dan Keindahan

Area Bermain yang Aman dan Seru

Untuk menciptakan kamar tidur anak yang menyenangkan, tambahkan area bermain yang aman dan seru. Anda bisa menambahkan karpet empuk di lantai, meja kecil untuk bermain, atau rak buku untuk menaruh buku-buku cerita anak. Pastikan juga area bermain ini aman dan bebas dari benda-benda yang berbahaya agar anak Anda dapat bermain dengan nyaman.

Ruang Kerja yang Fungsional

Jika Anda membutuhkan ruang kerja di rumah, buatlah area yang fungsional namun tidak memakan banyak ruang. Pilihlah meja yang ramping dan memiliki penyimpanan di dalamnya. Gunakan rak dinding untuk menyimpan buku-buku atau peralatan kerja lainnya. Pastikan area ini terpisah dari area tidur agar Anda dapat fokus dalam bekerja.

Pemilihan Meja yang Ramping dengan Penyimpanan di Dalamnya

Pilihlah meja yang ramping dan memiliki penyimpanan di dalamnya untuk menciptakan ruang kerja yang fungsional. Meja dengan laci atau rak penyimpanan di dalamnya akan membantu Anda menyimpan buku, dokumen, atau peralatan kerja lainnya dengan rapi. Pastikan juga meja ini cukup besar untuk menampung peralatan kerja Anda, namun tidak terlalu besar sehingga memakan banyak ruang.

Pemanfaatan Rak Dinding untuk Penyimpanan Tambahan

Untuk mengoptimalkan penggunaan ruang, gunakan rak dinding untuk menyimpan buku-buku atau peralatan kerja lainnya. Rak dinding ini tidak hanya akan membantu menyimpan barang-barang Anda, tetapi juga dapat menjadi dekorasi yang menarik. Pilihlah rak dengan desain yang sesuai dengan gaya ruangan Anda agar terlihat serasi.

Kamar Mandi yang Praktis

Kamar mandi merupakan area yang juga perlu diperhatikan dalam desain rumah 7×9. Pilihlah desain kamar mandi yang praktis dengan menggunakan shower daripada bathtub untukmenghemat ruang. Gunakan cermin besar agar ruang terlihat lebih luas. Anda juga bisa memilih wastafel dengan rak di bawahnya untuk menyimpan perlengkapan mandi.

Pemilihan Shower daripada Bathtub

Untuk menghemat ruang dalam kamar mandi, pilihlah shower daripada bathtub. Shower membutuhkan lebih sedikit ruang dibandingkan dengan bathtub, sehingga akan memberikan ruang yang lebih luas untuk kamar mandi Anda. Anda juga dapat memilih shower dengan desain minimalis atau shower dengan pintu kaca agar kamar mandi terlihat lebih modern.

Pemanfaatan Cermin Besar

Penggunaan cermin besar dalam kamar mandi dapat memberikan kesan ruang yang lebih luas. Cermin besar tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk memantulkan bayangan, tetapi juga dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih besar. Pasang cermin di dinding kamar mandi yang luas agar kamar mandi terlihat lebih terang dan lega.

Wastafel dengan Rak untuk Penyimpanan

Untuk mengoptimalkan penggunaan ruang dalam kamar mandi, pilihlah wastafel dengan rak di bawahnya. Rak ini dapat digunakan untuk menyimpan perlengkapan mandi seperti sabun, sikat gigi, atau handuk kecil. Dengan demikian, Anda dapat menyimpan semua barang-barang penting dalam jangkauan tangan Anda dan menjaga kamar mandi tetap rapi.

READ :  Rumah Dijual Cepat Butuh Uang Semarang: Panduan Lengkap untuk Mencari Rumah Impian Anda

Ruang Baca yang Nyaman

Jika Anda gemar membaca, buatlah ruang baca yang nyaman di rumah Anda. Ciptakan suasana yang tenang dengan menggunakan kursi yang empuk dan pencahayaan yang cukup. Gunakan rak buku dinding agar dapat menghemat ruang. Anda juga bisa menambahkan tanaman hias untuk memberikan kesan segar dan alami.

Pemilihan Kursi yang Nyaman

Untuk menciptakan ruang baca yang nyaman, pilihlah kursi yang empuk dan ergonomis. Kursi dengan bantalan yang lembut dan sandaran yang nyaman akan membuat Anda betah berlama-lama membaca. Pilihlah kursi dengan desain yang sesuai dengan gaya ruangan Anda agar terlihat serasi.

Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan yang cukup adalah hal penting dalam ruang baca. Pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang baik dan cukup terang untuk membaca. Anda bisa menggunakan lampu meja baca atau menempatkan kursi dekat dengan jendela agar dapat memanfaatkan sinar matahari. Selain itu, tambahkan juga lampu hias atau lampu dinding untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan.

Pemanfaatan Rak Buku Dinding

Untuk menghemat ruang, gunakan rak buku dinding untuk menyimpan koleksi buku Anda. Rak buku dinding tidak hanya akan menghemat ruang, tetapi juga akan memberikan sentuhan dekoratif pada ruangan. Pilihlah rak buku dengan desain yang sesuai dengan gaya ruangan Anda agar terlihat serasi.

Taman Kecil di Halaman Belakang

Walaupun rumah Anda memiliki lahan yang terbatas, Anda tetap bisa memiliki taman kecil di halaman belakang. Gunakan tanaman yang tidak membutuhkan banyak ruang seperti tanaman gantung atau pot-pot kecil. Anda juga bisa menambahkan kursi atau bangku untuk tempat duduk santai di taman.

Pilihan Tanaman yang Tidak Membutuhkan Banyak Ruang

Untuk menciptakan taman kecil di halaman belakang, pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan banyak ruang. Anda bisa menggunakan tanaman gantung atau pot-pot kecil yang dapat diletakkan di sudut-sudut halaman. Tanaman dengan daun lebar atau bunga yang indah juga dapat memberikan sentuhan dekoratif pada taman Anda.

Penambahan Kursi atau Bangku

Agar Anda dapat menikmati keindahan taman kecil Anda, tambahkan kursi atau bangku untuk tempat duduk santai. Pilihlah kursi atau bangku dengan desain yang nyaman dan tahan terhadap cuaca. Tempatkan kursi atau bangku di area yang teduh atau dekat dengan tanaman, sehingga Anda dapat menikmati udara segar sambil bersantai di taman.

Ruang Penyimpanan yang Efisien

Terakhir, pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang efisien dalam rumah 7×9 Anda. Gunakan lemari gantung di dinding untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Anda juga bisa menggunakan tempat tidur dengan laci penyimpanan di bawahnya atau meja dengan rak penyimpanan di dalamnya.

Pemanfaatan Lemari Gantung di Dinding

Untuk mengoptimalkan penggunaan ruang, gunakan lemari gantung di dinding untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Lemari gantung ini dapat digunakan untuk menyimpan pakaian musim dingin, peralatan olahraga, atau barang-barang berharga lainnya. Pilihlah lemari gantung dengan desain yang sesuai dengan gaya ruangan Anda agar terlihat serasi.

Penggunaan Tempat Tidur dengan Laci Penyimpanan

Jika Anda memiliki tempat tidur dengan laci penyimpanan di bawahnya, manfaatkan ruang tersebut untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Anda bisa menyimpan pakaian, seprai cadangan, atau barang-barang lainnya di dalam laci tersebut. Dengan memanfaatkan ruang di bawah tempat tidur, Anda dapat menghemat ruang dalam kamar tidur.

Pemanfaatan Meja dengan Rak Penyimpanan di Dalamnya

Jika Anda membutuhkan meja di dalam rumah Anda, pilihlah meja dengan rak penyimpanan di dalamnya. Meja dengan rak penyimpanan ini dapat digunakan untuk menyimpan buku, alat tulis, atau barang-barang kecil lainnya. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan barang-barang tersebut dengan rapi dan terhindar dari kekacauan di meja kerja Anda.

Dengan mengikuti ide-ide desain di atas, Anda dapat menciptakan rumah dengan denah 7×9 dan 2 kamar tidur yang praktis, fungsional, dan nyaman untuk ditinggali. Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan penggunaan setiap sudut ruangan agar tidak ada ruang yang terbuang percuma. Selamat mendesain rumah impian Anda!

Related Post

Leave a Comment